01 December 2013


Penipuan Online Modus BB Murah

Rabu, 02/10/2013 16:07 WIB
 


Memo — Aksi para penipu yang kerap memanfaatkan jual beli online kembali terjadi. Kali ini korbannya adalah Edris Setiawan (24), mahasiswa, warga asal madiun. Dia menjadi korban penipuan setelah membeli HP BB (Black Berry) via online. Kibat dari kejadian ini, Edris mengalami kerugian sebesar Rp 972 ribu. Kejadian ini selanjutnya dilaporkan ke Polres Malang Kota, pada Senin (30/9) sekitar pukul 15.15.

Informasi Memo menyebutkan bahwa pada Selasa (24/9) siang, Edris membuka FB miliknya. Ternyata dia melihat iklan jual beli HP BB dengan harga murah di beranda FB nya yang telah ditandai oleh pelaku.

Karena harganya HP yang ditawarkan cukup murah jauh dari standart pasaran, Edris pun menjadi tertarik. Dia segera menghubungi no HP yang tertera di iklan. Setelah itu terjadi transaksi hingga Edris memesan HP BB seharga Rp 972 ribu.

Setelah proses transaksi itu, Edris kemudian mentranfer ke rekening pelaku sebesar Rp 972 ribu melalui ATM Bank Mandiri Unibraw. Setelah proses tranfer itu, Edris sempat konfirmasi ke nomer HP pengiklan. Saat itu pelaku berjanji kalau barang akan segera dikirim. Namun hingga Senin kemarin, barang tak juga tiba dan nomer HP pelaku sudah tidak aktif. Karena merasa tertipu, Edris memilih untuk melapor ke Polres Malang Kota senin sekitar pukul 15.15.

Sebelumnya, Senin sekitar pukul 12.00, Vicky (24), warga Jl Sisingamangara, Kelurahan Bunul, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, juga melapor ke Polres Malang Kota. Dia melapor telah menjadi korban penipuan setelah membeli HP BB melalui online hingga mengalami kerugian mencapai Rp 3,5 juta.

Informasi Memo menyebutkan, bahwa Jumat (27/9) malam, dia melihat iklan jual beli HP BB di akun Facebook-nya. Setelah tertarik dengan harga-harga yang ditawarkan, Vicky kemudian menghubungi no HP pelaku dan melakukan transaksi. Setelah itu dia mentranfer uang Rp 3,5 juta melalui ATM BCA SPBU Jl Mayjend Wiyono, Kota Malang. Namun ternyata hingga Senin kemarin, HP tak pernah dikirim oleh pelaku.

Kapolres Malang Kota AKBP Totok Suharyanto SIK M Hum melalui Kasubag Humas AKP Dwiko Gunawan SH membenarkan adanya laporan tersebut. “Kita menghimbau kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati dengan modus-modus penipuan seperti ini. Pastikan kebenaran alamat dan keberadaan si pengiklan. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan,” ujar AKP Dwiko.





Penulis : Gumilang
Editor : Dhani

PERHATIAN PENTING !!!

Selalu Waspadai Situs Yang Mencurigakan, Dan Tetap Berhati-hati, Kejahatan Bisa Datang Kapan Saja, Jika Meragukan Gunakan REKBER (REKENING BERSAMA) Bersama Pengawas Online, Agar Transaksi Anda Aman dan Tenang,.